Tugas Bahasa Indonesia 3

TEMA :
“APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSIS PENYAKIT KEPALA MENGGUNAKAN PHP, MYSQL DAN MACROMEDIA DREAMWEAVER 8”

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Komputer pertama kali ditemukan sebagai alat bantu untuk mempercepat proses perhitungan. Saat ini perkembangan komputer sudah banyak digunakan untuk mendapatkan, mengolah dan menghasilkan informasi yang sangat dibutuhkan untuk berbagai macam kebutuhan. Semakin cerdas sistem ini dan semakin ditingkatkan level penanganan informasinya maka semakin aktif peranan yang dimainkan oleh komputer. Terlebih lagi terjadi peningkatan minat dalam menggunakan komputer untuk kecerdasan buatan. Seperti yang diungkapkan oleh Rich and Knight (1991), Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) adalah sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia. AI (Artificial Intelligence) merupakan aplikasi komputer tercanggih saat ini, dengan mencoba menyerupai beberapa jenis penalaran manusia.
Penerapan yang dilakukan membutuhkan penanganan yang lebih khusus sehingga diperlukan tenaga ahli / pakar dibidangnya. Maka dibentuklah suatu sistem yang diberi nama “Expert System” atau Sistem Pakar. Sistem pakar inilah yang dibuat untuk menyimpan pengetahuan para pakar dalam suatu bidang keahlian. Dengan demikian komputer akan memiliki keahlian menyelesaikan permasalahan dengan meniru keahlian yang dimiliki oleh pakar.
Sistem Pakar saat ini sudah banyak digunakan untuk memecahkan suatu masalah di berbagai bidang seperti kedokteran, matematika, teknik, kimia, farmasi, ilmu komputer, bisnis, hukum, pendidikan dan pertahanan. Jika sistem pakar dikaitkan dengan kemampuan dokter dalam mendiagnosis kesehatan pasien maka dapat diciptakan suatu sistem komputer yang dapat mengetahui dan menganalisis gejala yang timbul pada pasien serta memberikan saran untuk penanggulangannya. Dari uraian diatas maka penulis ingin membahas bagaimana cara membuat suatu sistem aplikasi untuk mendiagnosis suatu penyakit pada kepala. Aplikasi ini dapat dengan mudah mendiagnosis penyakit kepala tanpa harus langsung di bawa ke dokter yang selain memakan waktu, tenaga dan biaya.
1.2 Rumusan Masalah
Pada rumusan masalah ini, penulis mencoba membahas mengenai perancangan suatu aplikasi sistem pakar pada “Klinik Bhakti Kasih” untuk mendiagnosis suatu penyakit pada kepala, memberikan informasi jenis-jenis penyakit kepala serta solusi dan tindakan pertama dalam pengobatannya. Dalam hal ini penulis membuat aplikasi dengan menggunakan PHP, MySQL. Adapun editor yang dipakai adalah Macromedia Dreamweaver 8 sebagai desain sebuah pembuatan web.
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah untuk menambah pengetahuan tentang penyakit kepala beserta gejala-gejala yang diderita serta mendiagnosis penyakit kepala , memberikan solusi dan cara penanggulangan awal , tanpa harus bertemu langsung dengan ahli dibidangnya dalam hal ini adalah “Klinik Bhakti Kasih”.
1.4 Metode Penelitian

Dalam metode penelitian ini, penulis menggunakan studi kepustakaan yaitu mengumpulkan data dan informasi dari buku-buku yang berhubungan dengan medis.

1.5 Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan ini ditulis untuk memberikan gambaran keseluruhan isi Penulisan Ilmiah. Secara garis besar Penulisan ini dibagi dalam empat bab, diantaranya :

Bab I PENDAHULUAN
Bab ini memuat latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan , metode penulisan, dan sistematika penulisan.

Bab II LANDASAN TEORI
Pada bab ini berisi teori-teori yang mendukung tentang penyusunan penulisan. Diantaranya pembahasan sekilas tentang struktur program PHP ditambah dengan struktur database yaitu MySQL serta pengenalan Xampp sebagai contoh Web Browser.

Bab III PEMBAHASAN
Berisi perancangan dan pembuatan aplikasi sistem pakar termasuk di dalamnya alur serta gambaran program secara umum, diantaranya hasil penelitian, perancangan website dan implementasinya. Software pendukung aplikasi ini diantaranya adalah MySQL 5,Macromedia Dreamweaver 8 serta bahasa pemrograman PHP.

Bab IV KESIMPULAN DAN SARAN
Berisi kesimpulan dari keseluruhan pembahasan pada bab-bab sebelumnya dan saran-saran untuk pengembangan lebih lanjut. Selain ketiga bab tersebut diatas terdapat juga lampiran yang berisikan potongan gambar hasil outputnya serta script yang dipakai dalam pembuatan Web Sistem Pakar untuk mendiagnosa penyakit kepala ini.

Nama Kelompok :
1.Sofyan Efendi : 13109154
2.Nico Demus : 11109874
3.Satrio : 16109897
4.Adhi Kurnia : 16109760

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: