Internet Bermasyarakat

Kelompok :
1. Nico Demus Laurentius : 11109874
2. Adhi Kurnia : 16109760
3. Satrio : 16109897
4. Sophian : 13109154
5. Heriyana : 16109463

I Informasi

Di bawah ini ada artikel yang di kutip pada kantor berita satu news yang melalui alamat situs sebagai berikut ; http://www.beritasatu.com/iptek/21473-jakarta-pengguna-internet-dan-twitter-terbesar-di-asia.html. Berikut artikel yang di ambil dari berita satu.
“Jakarta, Pengguna Internet dan Twitter Terbesar di Asia”
Mencapai 48 juta orang dan diprediksi tahun 2015 mengalami lonjakan hingga 100 juta pengguna. Wow!

Staf Ahli Bidang Komunikasi dan Media Massa Kementerian Komunikasi dan Informatika, Henry Subiakto mengatakan, khusus pengguna Internet wilayah Jakarta ditetapkan sebagai pengguna Internet dan twitter terbesar di Asia.

Temuan serupa dilaporkan pula oleh situsinternetworldstats.com. Situs yang menempatkan Indonesia sebagai negara pengguna Internet ke-4 terbesar di Asia mencatat, untuk pengguna facebook, Indonesia menempati posisi pertama di Asia, yaitu sebanyak 38.860.460 pengguna.

Pengguna Internet di Indonesia sendiri hingga saat ini, kata Henry, mencapai 48 juta orang, dan diprediksi pada 2015 akan terjadi lonjakan hingga 100 juta pengguna.

Tingginya pengguna Internet di Indonesia tentu saja membawa dampak positif sekaligus negatif bagi kemajuan ekonomi dan pengetahuan masyarakat.

“Jumlah pengguna Internet yang cukup besar tersebut berdampak positif bagi kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat tetapi juga bisa berdampak negatif,” jelas Henry.

Ia berpendapat, dengan Internet masyarakat bisa mengetahui berbagai informasi yang ada di seluruh dunia.

Selain itu, berbagai hal mulai dari pemasaran bahkan informasi tentang kesehatan dengan mudah bisa diketahui melalui jaringan Internet dengan mudah dan murah.

Namun sisi negatifnya, lanjut Henry, akan berpengaruh buruk bila dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak berguna seperti situs porno.

Selain Internet, saat ini pengguna HP di Indonesia juga mengalami lonjakan luar biasa yaitu mencapai 185 juta pengguna.

Hal tersebut terjadi karena tarif pulsa di Indonesia merupakan tarif termurah di dunia.

Pada 2005, kata Henry, tarif pulsa telepon di Indonesia merupakan tarif termahal di dunia, tapi kini menjadi negara yang tarif pulsa teleponnya paling murah.

Hal tersebut, tentu menjadi hal yang sangat menguntungkan bagi masyarakat, sehingga wajar bila hampir semua orang mulai dari kalangan elit hingga masyarakat kelas bawah telah memanfaatkan HP.

Beranjak dari fakta itulah pemerintah melalui Kementerian Informasi dan Komunikasi sedang membangun jaringan untuk menjaga dan mempererat persatuan dan kesatuan melalui pusat layanan internet kecamatan atau PLIK.

II Fokus
Tidak bisa di pungkiri di dalam pemakaiannya, memang internet bukanlah sesuatu hal yang tabu untuk masyarakat umum, dan bukanlah sesuatu barang mewah pada masyarakat menengah ke bawah. Semua mengenal internet dan fungsinya, mulai dari penggunaan yang sifatnya pengetahuan sampai yang boleh di katakan “nyeleneh”. Sebetulnya apa sih yang membuat internet ini begitu di gemari oleh semua kalangan sehingga sampai – sampai mengutip berita di atas, “Mencapai 48 juta orang dan diprediksi tahun 2015 mengalami lonjakan hingga 100 juta pengguna. Wow!”. Saya pun akan berkata WOW untuk kemajuan yang sungguh luar biasa ini terutama di negara kita Indonesia yang boleh di bilang perkembangan internet tidak merata tapi bisa menghasilkan tingkat penggunaan yang begitu menakjubkan dari hari ke hari. Untuk Fokus kita pada makalah kali ini, kita akan membahasnya.
“Temuan serupa dilaporkan pula oleh situsinternetworldstats.com. Situs yang menempatkan Indonesia sebagai negara pengguna Internet ke-4 terbesar di Asia mencatat, untuk pengguna facebook, Indonesia menempati posisi pertama di Asia, yaitu sebanyak 38.860.460 pengguna”. Pada kutipan tersebut Indonesia sebagai Negara yang pemerataan teknologinya boleh di bilang tidak merata menempat urutan ke – 4 terbesar di Asia walaupun dalam penggunaan situs layanan jejaring social yaitu facebook. Meskipun penggunaan hanya terbatas dalam ruang lingkup facebook, ini merupakan kabar yang cukup menggembirakan. Mengapa? Karena boleh di katakan dengan negara yang hamper pemerataan teknologinya kurang baik, tapi Indonesia mampu menempati urutan ke – 4 di Asia. Itu berarti meskipun banyak daerah yang belum mendapati internet, tapi para penduduk itu tidak menunggu kerja dari pemerintah itu sendiri. Penduduk lebih memilih menjemput ilmu internet dari pada hanya berdiam diri saja melihat kinerja pemerintah yang boleh di katakan sangat lamban. Mereka pun tidak membutuhkan 1 set computer penuh untuk mengakses internet. Mereka hanya menggunakan ponsel yang terhubung oleh jaringan, lalu kemudian mereka berselancar di dunia maya.
Kabar baik ini tentu saja membuat kami para pemerhati teknologi senang, entah sejak kapan para penduduk bisa melek teknologi. Kalau yang dulunya sering di sebut dengan “Gaptek” tapi sekarang tidak lagi. Boleh di bilang sekarang di sebut sebagai “Laptek” yang artinya Lancar teknologi. Tidak hanya itu, peran situs facebook itu sendiri sangat membantu para masyarakat untuk mulai menggunakan teknologi. Karena mereka ingin bertemu teman teman mereka di dunia maya atas ajakan teman teman, mereka belajar untuk bisa mengerti apa itu internet, apa itu facebook. Sehingga tanpa sadar membuat mereka sendiri bisa menggunakan internet. Terlepas baik atau buruknya fungsionalitas situs jejaring social itu sendiri, situs facebook memberikan dorongan yang besar kepada masyarakat untuk mengerti apa itu teknologi dan bagaimana cara menerapkannya dalam kehidupan.
Dari sekedar hanya belajar untuk bermain facebook, mengakses internet, kini mereka mencoba untuk mencari tahu sendiri apa yang bisa di sediakan oleh internet dalam kehidupan mereka. Rasa ingin tahu membuat mereka belajar untuk bisa mencari tahu lebih dalam lagi. Dan hasilnya? Internet menyediakan hampir 90% hal hal yang bisa membantu kita dalam kehidupan. Mulai dari informasi, pengetahuan, sumber daya pengetahuan yang gratis, serta kesehatan. Dari situlah kemudian para pengguna internet menemukan berbagai cara yang bisa membantu mereka mendapatkan informasi, terutama seputar masalah pekerjaan. Mulai dari lowongan pekerjaan, penjualan, jasa konsultasi, hingga menawarkan kerja sama antar kedua belah pihak. Pada prinsipnya internet merupakan jalan penghubung antara sumber yang satu ke sumber yang lain. Sehingga kedua belah pihak di ketemukan dengan adanya bantuan internet. Ini adalah salah satu cara yang terbaik bagi pergerakan ekonomi bangsa ini.
Ketika hubungan simbiosis mutualisme di tingkatkan, kedua perusahaan sama sama di untungkan, ketika dua perusahaan di untungkan itu artinya berakibat baik bagi perkembangan industry masing masing. Sehingga memberikan kontribusi yang besar bagi pergerakan ekonomi bangsa Indonesia.
Pada dasarnya hal hal yang baik selalu bisa terjadi di internet, mulai dari membantu orang membuka mata mereka akan pentingnya arti teknologi, internet membantu juga orang orang yang sudah terbuka matanya akan teknologi masih di berikan kesempatan untuk menerapkannya lebih banyak dalam aspek kehidupan terutama pekerjaan, sehingga penyerapan sumber daya manusia menjadi lebih bermutu dan berkualitas baik, sehingga mampu mendukung pertumbuhan.

III Prediksi Teknologi di Masa Depan
Perkembangan yang cukup pesat pada penggunaan dalam kehidupan memberikan dampak yang berbeda di dalam kehidupan bermasyarakat. Di mulai dari gaya hidup, sampai penggunaan kemampuan teknlogi itu sendiri di dalam masyrakat sangat membantu mereka. Lantas bagaimana kehidupan yang akan terjadi pada masa depan bila perkembangan teknogi sedemikian pesatnya dalam masyrakat Indonesia? Pada pembahasan kali ini kita akan membahas prediksi dalam 4 bidang, perbankan, transportasi, pendidikan, dan komunikasi informasi dan teknologi.

III A.Perbankan
Pada perkembangan bidang perbankan sendiri, memberikan kontribusi yang sangat besar. Karena memberikan banyak kemudahan pada pelayanan bank, sehingga membuat perkembangan teknologi di dalam dunia perbankan menjadi pesat. Bisa kita lihat hasil produk yang di hasilkan oleh bank, beberapa di antaranya adalah ; E-Banking, Phone – Banking, dan SMS – Banking. Memang product yang di berikan bank memberikan banyak kemudahan dalam arti di mana pun, kapan pun, kita bisa bertransaksi menggunakan layanan banking tersebut. Di samping memberikan bertambahnya lapangan pekerjaan, fungsi banking sendiri memberikan kemudahan bagi nasabah untuk melakukan transaksi.
Seiring dengan pesatnya pertumbuhan dan perkembangan yang di lakukan oleh pihak bank sendiri memberikan kemudahan, lantas apa sebenarnya yang menjadi halangan di dalam penerapan yang di lakukan oleh inovasi oleh pihak bank? Yaitu keamanan. Tanpa sadar di balik perkembangan yang di lakukan, terus terang saja apa yang mereka lakukan tidak sebanding dengan resiko yang di timbulkan. Melihat infrastrukstur yang ada di Indonesia,bukan cerita lain lagi kalau memang pembobolan merupakan hal yang sering terjadi. Perkembangan yang pesat dan tidak di iringi dengan kemananan yang memadai, menjadi salah satu factor yang kerap kali menjadi hambatan di dalam pemakaian banking itu sendiri. Sebagai contoh, ketika bank mengeluarkan kartu ATM agar bisa di gunakan di berbagai tempat untuk menarik tunai, bank tidak memberikan informasi tambahan kepada para nasabah, bahwa kartu yang di gunakan oleh nasabah adalah kartu magnetic yang bisa di copy melalui alat NSR, sehingga kerap kali data nasabah di bobol. Lantas pertanyaannya adalah kenapa pihak bank tidak memberikan informasi tambahan? Supaya ATM tetap bisa berjalan dengan menjalankan fungsinya tanpa perlu adanya rasa khawatir.
Perkembangan yang demikian membuat para system banking bertumbuh pesat, kareana bagi mereka semakin baik pelayanan yang di berikan semakin banyak pula orang yang akan menjadi nasabah mereka. Tapi kembali lagi, pesatnya pertumbuhan ekonomi membuat system banking sendiri akan terus berkembang pesat, dengan catatan di lengkapi dengan keamanan yang baik.

III B.Transportasi
Pada bidang transportasi tentu saja sangat bermanfaat terhadap berbagai bidang yang di maksudkan untuk membantu proses terjadinya bidang transportasi tersebut. Mulai dari pabrik atau pembuatan, proses penjualan, sampai kepada proses perbaikan. Nah itu semua tidak akan berjalan tanpa adanya system komputasi yang baik dan mendukung untuk terjadinya proses tersebut. Tapi tetap saja, tidak semua bidang transportasi bisa di lakukan oleh teknologi. Di antaranya adalah system alur transportasi yang masih semerawut, tidak bisa di pecahkan melalui teknologi. Maka dari itu, system transportasi yang sedemikian rupa masih terbatas penggunaanya dalam masyarakat. Tapi di lihat dari perkembangan pada masyarakat itu sendiri di Indonesia, akan menjadi beberapa hal yang menarik, seiring dengan bertumbuhnya system transportasi asing yang masuk ke Indonesia, di harapkan bisa menjadi titik tolak bagi system masyarakat di Indonesia untuk lebih modern, walaupun di dalam penerapannya akan terjadi beberapa kendala yang besar. Karena perpindahan dari system manual ke system komputerisasi menjadi hambatan.

III C.Pendidikan
Sering kali internet di hubungan dengan dunia pendidikan. Mulai dari jenjang pendidikan SD, sampai kepada jenjang kuliah, tidak akan pernah lepas dari yang namanya internet. Internet menyediakan ilmu gratis yang bisa kita dapatkan secara cuma cuma, sehingga peran serta internet sangat membantuk di dalam pendidikan untuk menumbuhkembangkan kemampuan anak. Terlebih lagi dengan internet kita bisa menjelajah tanpa batas, sehingga kemudahan di dalam penggunaannya sangat bermanfaat bagi anak anak yang menimba ilmu.
Sekolah atau institusi pendidikan sekarang menggunakan peran internet lebih banyak di dalam memberikan ilmu pengetahuan, sehingga kemungkinan pertumbuhan internet bisa semakin pesat. Kenapa bisa di katakana demikian? Karena di dalam dunia pendidikan, internet dalam penggunaannya tetap di awasi sehingga peran serta internet mendapatkan hasilyang positif, tanpa harus mengkhawatirkan sisi negative

III D.Komunikasi Teknologi dan Infomasi
Saya akan mengutip dari kata kata artikel di atas,
Selain Internet, saat ini pengguna HP di Indonesia juga mengalami lonjakan luar biasa yaitu mencapai 185 juta pengguna.

Hal tersebut terjadi karena tarif pulsa di Indonesia merupakan tarif termurah di dunia.

Pada 2005, kata Henry, tarif pulsa telepon di Indonesia merupakan tarif termahal di dunia, tapi kini menjadi negara yang tarif pulsa teleponnya paling murah.

Hal tersebut, tentu menjadi hal yang sangat menguntungkan bagi masyarakat, sehingga wajar bila hampir semua orang mulai dari kalangan elit hingga masyarakat kelas bawah telah memanfaatkan HP.

Bisa di lihat, dulu perkembangan teknologi di Indonesia sangatlah lambat. Sekarang karena revolusi perkembangan teknologi, membuat segalnya menjadi mudah. Menurut data statistic, lonjakan pengguna telephone genggam menjadi sangat tinggi, itu di karenakan revolusi yang berhasil, tapi nanti kita akan bahas sisi carut marut dari revolusi yang berantakan pada akhir pembahasan kita. Murahnya tarif pulsa membuat para produsen menjadi berlomba lomba menurunkan harga sehingga para rakyat kecil mampu memiliki telepon genggam. Dengan seiringnya waktu berlalu penggunaan telephone genggam menjadi sangat wajar dan di minati oleh banyak orang, karena kemurahan yang di dapatkan dan fungsi yang komunikasi yang di berikan. Efek negatifnya adalah karena tarif pulsa menjadi murah, kualitas menjadi berkurang. Buruknya kualitas suara dan jaringan HSPDA membuat seolah olah buruknya kualitas bukanlah masalah, asalkan murah. Penggunaan yang demikian, membuat para masyrakat memiliki telepon genggam tidak hanya satu, tetapi dua. Penggunaan yang demikian membuat tumpang tindik dan overload pada system jaringan.
Mungkin pernah ketika kita ingin berlomba lomba menjadi orang yang pertama mengucapkan selamat tahun baru, sms maupun telephone suara menjadi kendala yang tak terbantahkan. Bahasa gaul nya LEMOT menjadi salah satu faktor identik buruknya kualitas jaringan kita yang harusnya di perbaiki. Jaringan yang tumpang tindih pun BRTI tidak mampu menyelesaikanya dengan baik sampai dengan hari ini. Provider berlomba lomba mendapatkan kanal terbaik tanpa peduli dengan aturan yang ada. Sehingga permasalahan frekuensi di Indonesia pun tidak bisa cepat terselesaikan.
Tapi bila masa depan hal ini tidak di perbaiki, jangan harap kita bisa menggunakan teknologi yang memiliki tarif murah, di imbangi dengan kualitas yang baik.
Akhir kata, teknologi tumbuh pesat di kalangan masyrakat Indonesia, tapi pengetahuan dan tata cara penggunaan yang baik malah memberikan dampak yang serius bila tidak di tanggulangi dengan cara yang tepat dan berdaya guna. Semoga pertumbuhan teknologi yang cepat dan merata bisa menjadi sumber bagi Indonesia sendiri untuk menjadi Negara yang maju serta memberikan kesejahteraan yang baik bagi masyarakat luas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: