Fedora 9

Fedora 9 dengan kode nama Sulphur hadir dengan theme dan beberapa fitur terbaru yang menarik. Untuk pilihan windows manager, Fedora 9 menggunakan GNOME 2.22 sebagai default windows managernya. Paket desktop KDE 4.0.3 juga disertakan, jika Anda menginginkan desktop KDE sebagai windows manager pilihan.
Seperti biasa, dalam setiap rilis terbarunya distro Fedora selalu memberikan sesuatu yang baru. Pada versi terbarunya ini, Fedora sudah menyertakan aplikasi PackageKit, yakni sebuah framework untuk manajemen software yang menggantikan fungsi aplikasi Pirut.
Proses booting Fedora 9 juga terasa lebih cepat dari versi sebelumnya. Tampilan desktop Fedora 9 juga lebih bersih dan nyaman dilihat dengan tampilan blue wallpaper fedora.
Paket OpenJDK 6 juga sudah diinstalasi secara default. Untuk pengguna yang masih menggunakan PC dengan spesifikasi hardware rendah. Fedora 9 juga menyertakan paket desktop Xfce 4.4.2.
Jika menginginkan Fedora 9 portabel, distro ini juga sudah menyediakan paket lived-tools yang dapat digunakan untuk menginstalasi Fedora 9 ke USB Flash Drive. Dengan ini, Anda dapat senantiasa membawa desktop Fedora 9 di mana pun Anda berada.

Kebutuhan hardware yang diperlukan :
1.Processor kelas Pentium IV
2.Harddisk 10 GB
3.Memory 384 MB

Sumber : Majalah INFO LINUX edisi 08/2008

Menurut saya :
Linux mempunyai kelebihan terlebih utamanya pada sistem operasi jaringan dan di antara lainnya adalah open source, free, multiconsole, mendukung hardware yang minimal. Fedora 9 ini memberikan berbagai dukungan yang baik, inovatif, desktop yang bagus, tool konfigurasi. Namun Fedora 9 ini memiliki kekurangan yaitu tidak sestabil Debian atau Slackware untuk server, dan distribusinya hanya untuk keperluan umum.

Menurut FX. Eko Budi Kristanto :
Network Manager merupakan service/daemon (dengan tools tambahan) untuk memudahkan otomatisasi pengelolaan perangkat jaringan dan koneksi jaringan. NetworkManager semakin powerfull dan fungsional dengan mengintegrasikan dbus dan hal. Salah satu yang penting dari NetworkManager adalah dapat berjalan dalam berbagai desktop-environment (Gnome, KDE, Xfce) dan distro linux (Fedora, Ubuntu, SuSE, Debian, Gentoo, dsb). Source tarballs untuk release terakhir NetworkManager dapat diunduh dari GNOME FTP Server. Fedora 9 dalam instalasi defaultnya mengaktifkan service NetworkManager. Dukungan yang sudah disertakan dalam release-nya (NetworkManager 0.7) termasuk koneksi menggunakan perangkat GSM, CDMA, DSL, dan koneksi VPN. Mendukung ad-hoc networking dan internet connection sharing. Pada desktop Gnome, ketika service NetworkManager ini aktif, kita dapat melihat applet NetworkManager dan melihat daftar ketersediaan jaringan dengan klik applet tersebut.

Istilah-Istilah :
– Fedora 9 adalah Sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat.
– GNOME 2.22 adalah aplikasi desktop dan antarmuka grafik
– Desktop KDE 4.0.3 adalah lingkungan desktop (desktop environment) dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech.
– OpenJDK 6 adalah compiler atau interpreter suatu pemrograman.
– Desktop Xfce 4.4.2 adalah perangkat lunak bebas desktop untuk Unix dan platform mirip Unix lainnya, seperti Linux dan Solaris.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: