Hemat Perangkat Keras

Sering orang terpana ketika melihat suatu produk IT yang baru dirilis. Apalagi kalau produk itu dijalankan dengan perangkat keras yang wah, menimbulkan decak kagum, dan keinginan membeli perangkat keras baru agar dapat menjalankan perangkat lunak tersebut. Ketika ada suatu perangkat lunak baru keluar yang membutuhkan perangkat keras besar, saya agak pesimis dengan kualitas perangkat lunak itu.
Sayangnya banyak produk perangkat lunak, demi mengejar target saat pemasaran, lebih suka menyampingkan optimasi dengan harapan perangkat keras yang mendatang akan lebih cepat. Sehingga produsen perangkat lunak menganggap optimasi program merupakan strategi yang menghabiskan dana dan tidak efisien secara waktu. Bila kita perhatikan, banyak sistem operasi versi baru membutuhkan perangkat keras yang lebih besar walau untuk melakukan hal yang sama. Versi baru keluar membutuhkan RAM dan processor lebih besar. Hal ini tidak hanya menimpa produk Microsoft, tapi juga produk Mac dengan Leopard-nya yang baru.
Hal ini sepertinya menjadi anomali pada dunia open source. Sebagai contoh Firefox, browser Open Source anak dari proyek Mozilla. Firefox versi 3.0 baru dirilis dan memecahkan rekor download. Versi baru ini sangat diharapkan oleh pengguna karena memiliki kecepatan yang lebih tinggi dari penggunaan memori yang lebih efektif. Sehingga dengan perangkat keras yang sama (processor dan RAM) pengguna memiliki browser yang lebih tepat dan memiliki fitur lebih baik. Memang seharusnya program versi baru memiliki hasil rekayasa yang baik akan melakukan optimasi yang lebih baik. Bukan malah membutuhkan memory yang lebih besar untuk fitur yang sama.
Linux openSUSE 11.0 juga menunjukkan optimasi yang lebih baik. GUI 3D Compiz-Fusin yang cantik dapat langsung digunakan setelah instalasi Linux. Window dapat diputar-putar di kubus tiga dimensi, dengan berbagai kecantikan ala transparansi dan window yang bisa digoyang-goyang seperti kertas. Setelah melihat hasil seperti itu serta kemudahan instalasi dan hanya membutuhkan notebook biasa saja, kenalan saya bertanya, “Apa sih yang membuat perusahaan sebesar Microsoft tidak bisa membuat Vista seperti ini, yang katanya memiliki Aero yang cantik?” Apalagi setelah melihat desktop KDE 4 yang widgetnya bisa diputar-putar, dia makin bingung. Menurut dia yang pengguna biasa, seharusnya perangkat lunak seperti Windows Vista itu bisa direkayasa seoptimal itu.
Suatu hasil rekayasa yang baik, akan terlihat dari bagaimana optimal dan cerdiknya dalam menggunakan sumber daya. Misal untuk perangkat lunak, bagaimana perangkat lunak tersebut dapat memanfaatkan perangkat keras yang ada seefesien mungkin. Sehingga untuk menyajikan fitur yang banyak dan sekuriti secara baik tanpa membutuhkan perangkat keras yang besar. Dengan alasan itulah, kenalan saya menilai Vista bukan hasil rekayasa yang baik, karena membutuhkan perangkat keras yang “gila-gila”an.memang ada fitur tambahan seperti GUI yang lebih cantik ataupun arsitektur sekuriti, tetapi seharusnya tambahan seperti itu tidak membutuhkan perangkat keras yang sebesar itu.
Masih bingung mana hasil rekayasa yang baik? Daripada buang-buang dana untuk beli perangkat keras demi perangkat lunak baru, lebih baik beli beras dan gas. Sebelum memopularkan teknologi, perlu dipertimbangkan apakah teknologi yang ingin dipopulerkan itu adalah hasil rekayasa yang baik atau sekedar hasil market yang gila-gilaan saja?

1.Pilihan kata atau diksi :
-Anak = Bagian
– Malah = Hanya
– Dirilis = Dikeluarkan atau diterbitkan
– Fitur = Tambahan
– Apa sih = Apakah
– Optimasi = Optimal
– Widget = Kotak dialog yang bisa dipindah-pindah
– Memopularkan = Mempopulerkan
Istilah-istilah :
– IT : Teknologi Informasi.
– Perangkat Keras (hardware) : Semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya.
Contoh : Harddisk, VGA,RAM
– Perangkat Lunak (software) : Sebuah aplikasi yang dapat diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer.
Contoh : Adobe Reader,Microsoft Office.
– Sistem Operasi : Suatu Sistem yang menjembatani antara perangkat lunak dan perangkat keras agar dapat memberikan kemudahan kepada si pemakai atau user.
– RAM (Random Akses Memori) : Bagian dari perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data sementara yang siftanya dapat dibaca dan ditulis.
– Processor : Bagian (inti) dari suatu komputer.
– Microsoft : Perusahaan raksasa suatu pembuat system operasi atau software.
– Mac (machintos): Perusahaan raksasa pembuat system operasi atau software.
– Leopard : Salah satu versi sistem operasi buatan machintos.
– Anomali : Ketidaknormalan.
– Open Source : Prinsip-prinsip dan metodelogi yang bertujuan mempromosikan akses terbuka terhadap tahapan produksi dan desain pada sebuah produk atau sumber daya apapun.
– Mozilla Firefox : Aplikasi penjelajah web antar platform bersifat gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla, dan ratusan sukarelawan.
– Browser : Software atau alat yang digunakan untuk menjelajah internet.
– Download : Mengunduh data yang ada pada jaringan internet.
– Linux openSUSE 11.0 : Distro Linux dari perusahaan Novell, atau lebih tepat dari anakperusahaannya Suse Linux GmbH (Software- und System-Entwicklungsgesellschaft mbH, Nurnberg yang berarti pengembangan -perangkat lunak dan -sistem).
– GUI 3D Compiz-Fusin : Aplikasi linux yang mengatur tampilan 3D desktop effect, dengan aplikasi ini tampilan linux tidak kaku lagi bahkan jadi lebih unggul dari Windows Vista yang terkenal akan keindahannya.
– Desktop KDE 4 : Aplikasi linux yang berisi API multimedia baru, yang disebut Fonon , kerangka integrasi perangkat yang disebut Padat dan panduan gaya baru dan ikon set default disebut Oksigen. Ini juga mencakup desktop, baru terpadu dan antarmuka panel pengguna yang disebut Plasma , yang mendukung widget desktop , mengganti K Desktop Environment 3 itu komponen terpisah.
– Aero : Transparan
– Notebook ; komputer portable yang mempunyai ukuran sebesar buku catatan.
– Windows Vista : Salah satu versi system operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft , sistem operasi ini berbasis grafis.
– GUI : Sistem user yang dapat berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar atau simbol-simbol, dan tentu hal ini akan lebih memberi kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna.
– Market : Pemasaran.
2. Kelebihan semi artikel ini :
– Pembahasannya sangat menarik.
– Bahasa yang disampaikan cukup baik.
– Kajiannya mengandung arti yang luas.

Kelemahan semi artikel ini :
– Untuk penulisan kata-kata berikut ini tidak sesuai dengan EYD :
1.Daripada

– Untuk penulisan kata-kata yang fungsi, maksud dan tujuannya kurang dimengerti :
1.Wah : Berlebihan
2. “gila-gila”an : Berlebihan
3.Kecantikan ala : Hasil buatan

– Penulisannya belum sepenuhnya mengikuti metode ilmiah yang analitis karena opini pengarang yang kadang-kadang subjektif.

Nama Kelompok :
1.Satrio : 16109897
2.Sofyan Efendi : 13109154
3.Yustian Priambodo : 14109783
4.Adhi Kurnia : 16109760
5.Nico Demus : 11109874

Narasumber : I Made Wiryana
Sumber : Majalah Info Linux Edisi 08/2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: