Penentuan Harga Permintaan dan Penawaran

Permintaan adalah jumlah barang yang akan dibeli oleh pembeli pada tingkat harga tertentu. Sedangkan penawaran adalah sejumlah barang yang diproduksi oleh perushaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dalam pasar tertentu dan pada waktu yang tertentu. Teori permintaan menerangkan tentang hubungan antara jumlah permintaan dan harga.

Hukum Permintaan dan Penawaran

Permintaan merupakan kesanggupan pembeli untuk membeli berbagai jumlah produk pada berbagai kemungkinan tingkat harga dalam waktu yang sama. Hukum permintaan berbunyi jumlah produk yang diminta berbanding terbalik dengan harga, artinya jika harga barang naik maka jumlah permintaannya akan turun dan sebaliknya. Tentu saja kondisi di atas bersifat ceteris paribus artinya semua faktor yang mempengaruhi berlakunya hukum permintaan dianggap tetap. Akibat dari adanya hukum permintaan tersebut kurva permintaan menjadi miring dari kiri atas ke kanan bawah, sehingga kurva permintaan dikatakan mempunyai kemiringan negatif, karena variable – variable yang bekerja dalam pemintaan bekerjanya berlawanan arah. Kurva permintaan tidak mungkin menyentuh sumbu P karena berapapun harganya pasti ada konsumen yang bersedia untuk membeli barang yang dihasilkan.

Kurva permintaan dikatakan mempunyai kemiringan negatif. Ia miring dari kiri atas ke kanan bawah. Kurva permintaan ini bisa bergeser disepanjang kurva permintaan apabila terjadi perubahan harga dan perubahan jumlah barang yang diminta.
Penawaran diartikan sebagai kesediaan penjual untuk menjual berbagai jumlah produk pada berbagai tingkat harga dalam waktu yang sama. Hukum penawaran menyatakan bahwa jumlah produk yang ditawarkan berbanding lurus dengan harga. Sehingga, jika harga naik maka jumlah barang yang ditawarkan juga akan naik dan sebaliknya, ceteris paribus. Tambahan nilai guna yang akan diperoleh seseorang dari mengkonsumsikan suatubarang akan menjadi semakin sedikit apabila orang tersebut teru smenerusmenambah komsumsinya keatas barang tersebut dan pada kahirnya tambahan nilaiguna akan menjadi negative.
Kurva penawaran mempunyai kemiringan positif artinya variable-variabelnya bekerja dalam arah yang sama. Kurva penawaran miring dari kiri bawah ke kanan atas. sifat kurva penawaran dalam pergesaran dan pergerakkan kurva hampir sama dengan yang terjadi pada kurva permintaan hanya gambar kurva penawaran miring dari kiri bawah ke kanan atas. Selanjutnya kurva penawaran dikatakan bertambah apabila kurvanya bergerak ke kanan bawah dan dikatakan berkurang apabila kurvanya bergerak ke kiri atas.

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERMINTAAN DAN PENAWARAN

Beberapa faktor penentu permintaan :

1.Harga barang itu sendiri.

2.Harga barang lain yang berkaitan erat dengan barang tersebut.

3.Pendapatan rumah tangga dan pendapatan rata-rata masyarakat.

4.Corak distribusi dalam pendapatan masyarakat.

5.Cita rasa masyarakat.

6.Jumlah penduduk.

7.Ramalan mengenai pendapatan masyarakat.

 

Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran :

1.Harga barang itu sendiri.

2.Harga barang-barang lain.

3.Biaya produksi.

4.Tujuan-tujuan operasi perusahann tersebut.

5.Tingkat teknologi yang digunakan.

HARGAKESEIMBANGAN
Harga merupakan nilai tukar barang atau jasa yang dinyatakan dalam satuan hitung (biasanya uang). Harga keseimbangan akan terbentuk melalui proses tawar-menawar antar calon penjual dengan calon pembeli. Dalam ilmu ekonomi, harga keseimbangan atau harga ekuilibrium adalah harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran.

Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli dan penjual di mana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik keseimbangan ini akan bertahan lama dan menjadi patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga. Sehingga terjadilah transaksi antara penjual dan pembeli Harga pasar terjadi akibat proses kerja penawaran dan permintaan yang tunduk pada hukum permintaan dan penawaran. Apabila harga naik, permintaan berkurang, dan penawaran bertambah. Apabila harga turun, permintaan bertambah dan penawaran berkurang. Pada proses bertambahnya permintaan dan berkurangnya penawaran atau berkurangnya permintaan dan bertambahnya penawaran tersebut, akan terjadi satu titik pertemuan harga yang disebut dengan harga keseimbangan (harga ekuasi) atau harga pasar. Pada harga tersebut, jumlah barang yang dapat diminta sama dengan yang ditawarkan. Faktor-faktor yang mempengaruhi harga pasar, antara lain:

a.Selera konsumen.

b.Pendapatan konsumen

c.Adanya barang substitusi.

d.Kemampuan atau teknik produksi.

e.Biaya produksi.

f.Situasi ekonomi yang akan datang.

 

Sumber:

http://www.endz4shared.co.cc/2010/03/part2-penentuan-harga-permintaan-dan.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: