Organisasi Karang Taruna

Organisasi karang taruna adalah organisasi yang berada di lingkungan penduduk dalam lingkup satu Rukun Tetangga atau Rukun Warga, pengurusnya terdiri dari para pemuda pemudi yang berada di lingkungan itu.

 

Dahulu, organisasi karang taruna sangat berpengaruh dan terasa guyub dalam menghidupkan kegiatan dan aktivitas warga, misalnya gotong royong dalam hal kebersihan setiap hari minggu pagi, arisan warga.Menanam pohon pohon dirumah masing masing, kegiatan memperingati acara acara hari besar juga pengadaan pengajian serta olahraga bersama dalam satu lingkup Rukun Tetangga atau Rukun Warga tersebut.

 

Akhir-akhir ini kegiatan Karang Taruna sudah jarang digalakkan, karena kebanyakan para pemuda pemudi sekarang lebih interest untuk ikut kegiatan diluar rumah dan luar lingkungannya. Jika kegiatan itu positif tidak masalah, tapi kalau sudah menyangkut hal negatif seperti Clubbing, Dugem, pesta gak karuan yang tidak bermanfaat buat dirinya sendiri maupun orang lain, kenapa harus ikut? akan lebih baik menghidupkan lagi kegiatan di Karang Taruna yang sudah hampir punah, kalaupun ada, kegiatan Karang Taruna hanya sebagai formalitas agar tidak diomeli Pak RT atau Pak RW, kegiatannya sendiri hanya ngerumpi dan tebar pesona saja.

 

Banyak hal yang bisa dilakukan para pemuda pemudi Karang Taruna untuk menyumbangkan hal besar dimulai dari hal kecil, seperti :

1. Melatih berorganisasi yang kompak dan sehat serta ajang untuk silaturahmi.

2. Mengadakan kegiatan kerja bakti kebersihan dan penataan lingkungan setiap minggu pagi.

3. Menggalakkan penanaman apotik hidup dan warung hidup di setiap halaman rumah warga.

4. Mengadakan jadwal pengajian dan olahraga bersama.

5. Mengadakan lomba hal hal positif.

6. Mengadakan sekolah gratis untuk anak prasekolah yang tidak mampu.

7. Mendirikan perpustakaan sederhana.

8. Setiap tahun diadakan acara wisata.

 

Dan masih banyak lagi, bukankah apabila kita mengerjakan sesuatu dengan ikhlas dan senang hati semua hal sederhana itu bisa sangat menyenangkan, karena dapat bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain.

 

Selain itu apabila para pemuda pemudi dapat melakukan kegiatan Karang Taruna yang baik dan tepat, akan membantu pemerintah dalam memajukan dan menata kondisi lingkungan dan mental rakyat Indonesia ke arah yang lebih baik dan selalu terpacu untuk berpikir apa yang harus kita lakukan untuk hal yang berguna.

 

Kegiatan ini bermanfaat pula untuk melatih agar sifat individualistis tidak tertanam kuat, karena kalau hal itu sudah tertanam kuat akan mengakibatkan sifat egois dan mementingkan diri sendiri, kegiatan ini tak kalah menyenangkan jika dapat menyikapi secara tepat.

 

Sumber : http://anny.blogdetik.com/2009/06/24/karang-taruna/

 

Pendapat saya  adalah organisasi ini memiliki kegiatan yang sangat positif dan sesuatu perbuatan yang  sangat mulia karena sifatnya membangun agar kita bisa belajar untuk hidup mandiri serta bisa membantu meringankan beban di masyarakat dan masih banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat didalamnya.Tetapi sayangnya,organisasi ini lama kelamaan mulai berkurang bahkan hilang ditelan waktu seiring berjalannya waktu.Jika masih ada seseorang yang masih mengikuti organisasi ini teruslah aktif didalamnya agar bangsa Indonesia ini menjadi bangsa yang bermartabat dan berbudi luhur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: